Ceramah Bahasa Sunda Tentang Silaturahmi

Posted on
 Contoh Pidato Bahasa Sunda
Kita adalah mahluk sosial yang tidak akan berdiri sendiri pasti, berteman berkumpul,mengobrol. Allah sudah menetapkan bagimu. Hubungan saling berkunjung ada kepedulian sama-sama ingin tahu kabar masing-masing. Orang yang tidak mau bertanya berarti sombong, egois. Allah tidak menginginkan kepada kita orang yang acuh dan masa bodoh terhadap sesamanya.
Bertanya kepada orang lain itu sudah menjadikan pahala kita bertambah,dan Allahpun mewajibkan kita untuk bersilaturahim,dan penghubung  karena kamu adalah mahluk sosial yang tidak akan hidup berdiri sendiri.
Islam menyuruh umatnya memperbanyak silaturrahmi dengan siapapun dan dimanapun. Sebab dalam kehidupan keseharian, setiap individu selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Silaturahmi merupakan ibadah yang sangat mulia, mudah dan membawa berkah.
Sebelumnya mari kita membahas pengertian nya terlebih dahulu, Pidato atau biantara adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk mengajak, memberitahu, atau menghimbau agar orang lain melakukan apa yang kita inginkan.

Dari hal ini bisa kita temukan kesimpulan bahwa bangsa Indonesia kaya akan bahasa, dalam hal pidato saja terdapat berbagai macam bahasa, namun pada umumnya memang lebih banyak yang menggunakan bahasa Indonesia, karena merupakan bahasa nasional dan pemersatu seluruh rakyat Indonesia. Jika Anda berada di daerah Jawa Barat, mungkin berpidato menggunakan bahasa sunda tidak masalah. Karena Jawa Barat adalah tempat dimana bahasa yang satu ini berasal.

Melestarikan budaya daerah bisa dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan menggunakan Bahasa Sunda dalam menyampaikan pidato kepada orang banyak. Karena yang kita lihat sekarang ini, kaum muda lebih bangga menggunakan Bahasa Inggris ketimbang bahasa asalnya sendiri, yakni Bahasa Sunda. Walaupun sebenarnya Bahasa Sunda itu sendiri sangat bagus, terlebih lagi Bahasa Sunda memiliki huruf sendiri yang bentuknya cukup unik, seperti halnya Bahasa Jepang yang memiliki huruf hiragana dan kanji.

Berikut contoh ceramah dengan tema silaturahmi:

Assalamualaikum. Wr.Wb

Langkung tipayun ngahaturkeun nuhun ka sadaya panitia anu parantos masihan waktos ka simkuring kanggo ngadugikeun biantara dina acara mieling silaturahmi halal bihalal ieu.
Puji sinareng sukur urang panjatkeun ka Gusti Allah SWT, anu parantos nangtayungan urang sadaya tiasa riung mumpulung, paamprok jonghok, patepang raray dina dangeut ieu.
Para wargi sadaya,
Alhamdulillah urang sadaya parantos ngajalankeun salami sasasih dina Romadon kamari. Boboran parantos kalangkung, ayeuna urang halal bihalal, kanggo silih ngahampura kalepatan, sareng silih meresihkeun hate urang sadaya. Lir ibarat kertas anu masih ngeplak bodas teu aya coret-coretanna, ibarat orok anu nembe di lahirkeun ka dunya ieu masih keneh bersih suci.
Sim kuring ngucapkeun Takobalallah huminna wamingkum siamana wa siamakum minal aidzin wal faidzin hapunteun lahir sinareng bati. Mudah”an wargi sadaya tiasa ngahampura kana sagala kalepatan simkuring anu di haja sareng anu teu di haja, anu katingali sareng anu teu ka tingali. Margi nganjalmi anu mulya anu tiasa ngahampura kana sagala kalepatan batur, simkuring oge sami bilih tea mah wargi sadaya aya kalepatan ka simkuring, parantos ku simkuring di hampura oge.Dina ayana acara anu mulya ieu hayu urang langkung pageuhkeun tali silaturahmi, langkung rakeutkeun dudulran urang. Mugi Allah SWT mikaridho kana acara anu mulya ieu.
aminnn…!!!
Rupina mung sakieu anu kapihatur, hapunteun bilih aya kecap anu kurang merenah dina manah, hatur nuhun kana kasumpinganna para wargi sadaya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

 

Demikianlah artikel mengenai contoh teks naskah biantara pembawa acara atau mc singkat untuk pidato dengan menggunakan bahasa sunda tentang halal bihalal idul fitri atau silaturahmi sabada lebaran, semoga bermanfaat.

 

 

Kata Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *