Baca Arti Kata-kata Gaul Jaman Sekarang 2017

Posted on

Arti Kata-kata Gaul dan Contoh Pemakaiannya

 

Broh/ Vroh/ Bray
Kata-kata Broh, Vroh, atau Bray adalah panggilan akrab sesama teman terutama dikalangan cowok-cowok.
Contoh : “Hari besok ada acara gak bray?Kalo gak ada acara maen yok”

Sist
Merupakan singkatan dari Sister (saudara perempuan dalam bahasa Inggris). Kata Sist sering digunakan dalam percakapan sehari-hari baik melalui komunikasi langsung, maupun digunakan dalam sosial media.
Contoh : “Hai sist, cek IG kita yaaa sist”  

Absurd
Kata absurd biasa digunakan ketika seseorang melihat sesuatu yang aneh atau gak biasa. Absurd juga dapat diartikan gak jelas. Yah,,pokoknya absurd itu digunakan untuk mewakili sesuatu yang janggal deh.

Contoh : “ihhh…tu orang senyum-senyum sendiri absurd abis”

Cabe-cabean
Istilah cabe-cabean mungkin istilah paling populer dan paling sering di denger orang di tahun 2014 lalu. Cabe-cabean bisa diartikan sebagai cewek-cewek ABG alay yang sering nongkrong di track balapan liar. Cewek cabe-cabean identik dengan motor matic yang digunakan untuk boncengan bertiga, dandanan menor, dan berpakaian seksi.

Contoh : “kemana-mana boncengan bertiga mulu kayak cabe-cabean”  

Hacep
Hacep berasal dari kata “Pecah” yang dibalik cara bacanya. Maksud dari kata hacep biasanya digunakan untuk menggambarkan suasana party yang meriah, rame, gokil. Biasanya digunakan anak gaul yang suka clubbing.

Contoh : “gilaaa brooo…..semalem hacep banget partynya!!!”

Badai
Badai bisa diartikan sebagai keren, mantep, wow banget deh pokoknya. Biasanya digunakan dengan nada sedikit ditinggikan dan agak berlebihan. Kata badai awalnya dipopulerkan oleh Syahrini.

Contoh : “wuiiihhhh dandannya badai abisss”  

Sabeb
Kata Sabeb merupakan kata “Bebas” yang dibalik cara bacanya. Sama dengan hacep, sabeb merupakan bahasa gaul dengan gaya kebalik. Sabeb sendiri bisa berarti bebas atau terserah.

Contoh :
A : “Abis ini mau kemana lagi nih?”
B : “Sabeb,,, gw mah ngikutin lo aja”

Keleus
Kata Keleus / keles / kelez merupakan bentuk lain (bentuk gaul) dari kata kali” yang sering digunanakan orang dalam akhir kalimat sebagai penekanan dari kalimat ucapannya.

Contoh : “telat sii telat tapi jangan telat 2 jam juga kelessss.”

Woles
Kata woles merupakan kata “Selow” yang dibalik cara bacanya. Sama dengan hacep dan sabeb. Kata woles sendiri digunakan untuk menyatakan “santai aja”.

Contoh :
A : “Woi udah ngerjain PR fisika belom lo?”
B : “Yaelah masih buat minggu depan ini,,woles aja sob”

Prasmul
Kata prasmul merupakan singkatan dari “Perasaan mulu”. Kata prasmul biasanya ungkapan yang tidak jauh dari masalah hati. #cieelah

Contoh : “Ah dasar prasmul lo gitu aja udah nangis”

Baper
Kata Baper berasal dari singkatan “Bawa Perasaan”. Makna dari kata baper mungkin hampir sama dengan prasmul karena juga menyangkut dengan perasaan.

Contoh : “ah lo mah gitu aja baper, liat foto mantan aja sedih”

Palbis
Kata palbis merupakan singkatan dari kata “Paling Bisa”.

Contoh :
A : “Kalo gak ada lo bakalan gak berarti hidup gw”
B : “Ah palbis lo kalo ngomong”

Cotba

Kata Cotba juga merupakan kata dengan dibuat dari membalikan bacaan kata. Berbeda dengan hacep dan woles yang dibalik cara bacanya dari belakang ke depan, kata cotba yang dibalik adalah suku katanya. Kata asli dari Cotba adalah “Bacot” yang artinya banyak omong atau banyak bicara.

Contoh : “ahh cotba aja lo giliran disuruh maju diem aja”

KZL

KZL merupakan singkatan dari Kezel (Kesel). Merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan suasana hati yang sedang emosi / marah.

Contoh : “Jangan ganggu lagi KZL”

Gabut

Istilah yang satu ini entah darimana asalnya. Gabut sendiri dulunya sering diartikan “Gaji Buta” atau pengertiannya terima gaji tapi gak kerja. Tapi untuk jaman sekarang ini Gabut itu diartikan sebagai bosen.

Contoh : “Ah gabut nih gw jalan yuk kemana kek gitu”

Sue

Kata Sue berasal dari ungkapan orang betawi yang berarti sial atau apes. Kata sue akhir-akhir ini populer karena sering digunakan oleh peran bang ocit dalam film Mak ijah Pengen Ke Mekah”.

Contoh : “Sue bener gw hari ini udah ban motor bocor, tugas kuliah ketinggalan sue!!!”  

Eug & Lau

Istilah ini digunakan sebagai kata ganti “Gw/Gue dan Lu/Lo/Loe” yang berarti saya dan kamu. Kata eug jarang digunakan dalam percakapan langsung sehari-hari karena susah pengucapannya biasanya lebih sering di gunakan di media sosial sedangkan lau masih sering digunakan didalam percakapan sehari-hari.

Contoh :
(percakapan via chat)
A : “eh sist besok lau kemana?”
B : “besok eug gak ada acara emang mau ngajak kemana lau?”

Anjas / Anjer / Anjir / Huanjer

Ungkapan ini sebenarnya ungkapan kasar yang bermakna “Anj**g” (binatang menggong-gong). Namun, untuk sekarang ini makna tersebut sudah berubah arah menjadi kata yang artinya wow atau mengagumkan.

Contoh : “Anjirrrr…..mobil baru lagi bro?”  

Bingit

Bingit merupakan kata ganti dari “Banget”. Bisa diartikan amat sangat.

Contoh : “Duh males bingit harus ke kampus ujan-ujan gini.”

Fix

Kata Fix memiliki makna sudah pasti atau tidak dapat berubah.

Galau
Kata galau sebenarnya termasuk dalam Bahasa Indonesia baku yang terdaftar di kamus, artinya Perasaan kacau nggak karuan, resah, bimbang. Tapi siapa yang memulai? Kata galau mendadak populer di jejaring sosial. Sering muncul dengan galau dan yang berbau galau kayak galaucity, galau gombal, lagu galau.

Narsis

Narsis berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

Unyu
Banyak yang bilang kalo unyu berarti anak anjing dari bahasa Sanskerta. Yang jelas, kata ini sering dipake untuk menunjukkan hal-hal yang lucu, imut, ngegemesin.

Alay
Banyak versi yang menyebutkan. Mulai dari anak lebay, anak kelayapan, namun yang sering disebut adalah anak layangan. Konon, istilah ini digunakan untuk menyebut anak-anak yang sering nongol di musik tv. Berambut merah, dan berkulit gelap seperti kebanyakan main layangan gitu. Namun seiring waktu, kata alay sering dipakai untuk anak-anak yang sok eksis, narsis, norak dsb.

INTRO
Intro mempunyai arti siapa, dimana, kapan, mengapa, berapa, apa. Biasanya banya dipakai di jejaring sosial twitter.
intro??
saya masih di Medan.

Elo Gue End
kamu aku udahanKalimat yang lagi banyak ditirukan orang ini dipopulerkan Wendy Cagur dalam tanyangan Opera Van Java. Kata-kata ini sempat jadi Trending Topic di Twitter. Kalimat ini digunakan hanya untuk bercandaan saja.

Mager
Singkatan dari kata males gerak. Laper tapi mager.”
TFL
Bila seseorang udah nge’like status kita
Thanks for like.
Fudul
Kurang lebih artinya sama kayak stalking atau kepo. Digunakan buat menunjuk sifat orang yang want to know something sampe ngorek-ngorek informasi dari mana saja, termasuk jejaring sosial.
Menel
Menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

 

MAINSTREAM
yang artinya Biasa,dengan kata lain berarti sesuatu yang sudah biasa di lakukan.
pengin nyoba makan nasi pake sedotan. karena kalo pake sendok sudah terlalu mainstream.
Gengges
berasal dari kata ganggu yang diubah dikit, dikasih imbuhan *-es* dibelakangnya. “Gw unfollow ah, soalnya gengges, fotonya sok imut.
BAPER
A : ah lo ngambekan, gitu aja baper
B : apaan baper ?
A : bawa perasaan.
Hoax
Berarti berita palsu, diambil dari kata sama dalam bahasa Inggris yang berarti cerita bohong. Bisa juga di film Amerika berjudul The Hoax (2006) yang dianggap mengandung kebohongan. Awalnya cuma pengguna Internet di Amerika saja yang make istilah Hoax, tapi lama-lama kata ini menjadi dipake di seluruh dunia.
CEPU
lemes
A: najis tuh orang cepu bgt (lemes bgt)
B: sabar aja bro, lagian lo udh tau dia cepu masih aja lo ngasih tau rahasia lo…
Jutek
Sering banget dengar ini. Kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.

 

LOL
laugh out loud
gw baru aja ngejailin dia 😀 lol.
PHP
PHP merupakan singkatan dari : Pemberi Harapan Palsu
A : eh mana cewe yg kemarin lo bawa krumah gw?
B : gak tau ahh, gw di PHP-in sama dia.
MOVE ON
Berasal dari bahasa inggris yg artinya bergerak maju, tp kalo dlm bahasa gaul artinya adalah cari pacar baru atau cari gebetan baru setelah putus dengan yang lama
Lo harus move on, dia udh gak sayang lo lagi.
KEPO
mau tau urusan orang lain
A : gimana kabar si sandy sama cewnya udh putus belom??
B : kepo bngt si…
Kicep
artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin. “Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika…”
GWS

Cepet sembuh mugkin arti yang banyak dimaksudkan terhadap kata ini guys. contohnya :
A : “Sakit kepala yang menyakitkan”
B : “GWS ya…
Lebeh
perkembangan dari kata lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan. “Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun”” Iiih, lebeh lo!”

 KOOL
Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal kata ini merupakan singkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay

LEBAY
Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.

JAYUS
Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu.
Istilah Jayus populer di tahun 90an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman2nya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.  

GARING
Kata ini merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya kata-kata ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kota kelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.

GANDENG 
Kata ini pun merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “berisik”. Sama seperti garing, kata ini dibawa dan dipakai oleh para mahasiswa luar Jawa Barat yang sempat kuliah di tanah Parahyangan itu, yang pada akhirnya membuat kata ini menjadi terkenal dan beberapa kesempatan dipakai.

BEGICHU / BEGICYU
Biasanya kata ini disebutkan dengan penekanan di bagian belakang (yaitu memonyongkan bibir). Kata ini sendiri digunakan secara tidak sengaja oleh seorang anak kecil bernama Saipuddin, 3 tahun, asal Madura. Kata ini kemudian banyak dipopulerkan oleh artis. Salah satunya adalah Titi DJ.

MENEKETEHE
Kata ini sebenarnya berasal dari kata “Mana Kutahu” dan diplesetkan oleh Tora Sudiro sekitar awal tahun 2000an, di acara Extravaganza TransTV. Istilah itu cukup populer dan saat ini cukup sering digunakan orang.

CING
Saya mensinyalir kata ini sudah sering digunakan sejak tahun 1970an. Hal ini saya ketahui saat menonton film Si Pitung Banteng Betawi yang dibintangi oleh (alm) Dicky Zulkarnaen. Belakangan, di tahun 90an, kata ini mulai sering digunakan orang lagi, terutama setelah sering digunakan Debby Sahertian di sitkom Lenong Rumpi. Kata “cing” biasa digunakan sebagai sapaan untuk teman dekat. Misalnya, “Mau ke mana, Cing?”

EMBER
Kata ini merupakan plesetan dari kata “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.

YIUK….!!
Kata yang merupakan bentuk ajakan ini dipopulerkan oleh Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan (anggota grup GSP). Kata ini sempat populer di awal tahun 90an dan sering digunakan oleh Lenong Rumpi. Di awal tahun 2000an, kata ini kembali populer sejak digunakan oleh Indra Birowo dan Tora Sudiro di acara Exravaganza. Karena sering digunakan saat mereka berperan sebagai bencong, maka kata ini identik dengan panggilan kaum waria / bencong.

BONYOK
Kata ini merupakan singkatan dari Bokap-Nyokap (orang tua). Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kata ini, tapi kata ini mulai sering digunakan diperiode awal 2000an, ketika bahasa sms mulai populer di kalangan remaja.
Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah populer sejak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.

AKIKA
Merupakan sandi untuk mengatakan “Saya”. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh kaum waria di tahun 90an, yang dibakukan oleh Debby Sahertian dalam buku Kamus Gaul yang dibuatnya.

SUTRALAH
Merupakan pemanjangan dan plesetan dari kata “Sudahlah”. Kata ini juga dipopulerkan oleh kaum waria dan mulai populer di tahun 90an akhir.

SEMOK
Berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Montok”. Kata ini belakangan sering digunakan orang untuk menggambarkan wanita yang cantik dan seksi.

CENGLI
Merupakan kata dari bahasa Hokkian yang berarti “Bertindak Adil”. Kata ini memang lazim digunakan oleh masyarakat perantauan Tionghua dari suku Hokkia. Karena sering digunakan dalam percakapan bisnis, maka lama-kelamaan menjadi kata umum yang digunakan dalam kegiatan sehari2.

WIL dan PIL
Merupakan singkatan dari Wanita Idaman Lain dan Pria Idaman Lain. Tidak jelas siapa yang mempopulerkan istilah ini, namun saya menemukan kata-kata ini sering digunakan dalam penulisan di majalah2 di era awal 2000an. Kedua kata itu biasa digunakan untuk menjelaskan wanita atau pria simpanan / selingkuhan.

AJIB
Artinya Enak, Asyik, atau Klabing. Kata ini mulai populer di tahun 90an tatkala musik trance dan narkoba jenis shabu2 baru mulai populer. Kata ini biasanya digunakan oleh para penikmat kedua hal itu. Istilah ini diambil dari suara hentakan tempo musik trance yang kalo didengar dengar teliti memang terdengar seperti “Ajib, ajib…. ajib, ajib….”.

ANJELO
Merupakan singkatan dari Antar Jemput Lonte. Dari informasi yang saya peroleh, kata ini pertama kali digunakan sekitar tahun 2000an di daerah sekitar Bogor untuk menyebut Tukang Ojek yang menjadi langganan para penjaja cinta di sana.

JABLAY
Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkan belaian kasih sayang kekasihnya.  

GETHO LOH..
Kata ini berarti “Demikian / Begitu”, yang merupakan penekanan dari sebuah penjelasan yang disampaikan oleh sang pembicara. Kata ini cukup terkenal di tahun 2007, karena sering digunakan oleh para penyiar radio (terutama radio anak muda) setiap kali selesai menjelaskan sesuatu. Kata ini makin populer manakala sering digunakan dalam berbagai percakapan yang bernada jenaka (sekaligus norak) di berbagai acara televisi.

BELAH DUREN
Berasal dari istilah yang digunakan dalam lagu dangdut berjudul sama yang dinyanyikan oleh Julia Perez, kata “Belah Duren” merupakan istilah yang ditujukan buat para pengantin muda yang menikmati malam pertama. Belakangan kata ini mengandung makna ajakan untuk melakukan ML (Making love).

SECARA
Kata ini sebenarnya adalah bahasa Indonesia, yang bermakna “Adalah”. Namun kata ini menjadi populer di tahun 2006an di kalangan siswa-siswi SMU yang menggunakan kata ini sebagai kata ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Contoh pemakaiannya :
a. Gua gak bisa ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…

SEGEDE GAMBRENG
Kata “gambreng” berasal dari suitan anak-anak (hompimpah alaihum gambreng), yang menunjukkan siapa yang menang dalam suitan tersebut. Belakangan, sekitar tahun 2007an, kata ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang besar sekali (dan sulit diungkapkan dengan kata-kata).

SEGEDE GOBLOK
Mirip dengan ungkapan “Segede Gambreng”, kata “Segede Goblok” menunjukkan sesuatu yang besarnya luar biasa dan – sakin besarnya – jadi ga masuk akal. Gak jelas siapa yg mempopulerkan kata ini, tapi diduga kata ini pernah diucapkan oleh beberapa MC di televisi (entah Indra Bekti, Iva Gunawan, atau Ruben Onsu)

JUTEK
Berasal dari kata yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun 2000an untuk menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. Kata ini akhirnya menjadi kata umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.

BT / BETE
Merupakan singkatan dari Boring Total. Tadinya orang menduga kata ini dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal kata ini sudah lama digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai populer dan digunakan di awal tahun 2000an.

KAMSUD
Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.  

KATROK
Orang kampung / orang desa. Kata ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana saat membawakan acara Empat Mata sekitar tahun 2007an (kini berubah menjadi acara Bukan Empat Mata). Kata ini kemudian menjadi bahasa umum untuk menggambarkan orang yang kampungan / norak banget.

PRIKITIU
Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah melakukan perselingkuhan. Adalah Sule, seorang komedian lokal, yang melontarkan celutukan nakal yang kini menjadi bahasa pergaulan itu.

CUMI
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.  

KRIK
Adalah suara jankrik. Istilah ini biasaya digunakan dalam pembicaraan di dunia maya, untuk menggambarkan kondisi yang sangat garing / tidak lucu. Kata ini berasal dari adegan film-film kartun yang sering menampilkan suasana hening – dengan latar belakang suara jengkrik – mana kala seseorang bercanda namun tidak lucu. Pemakaiannya cukup sederhana, yaitu saat menanggapi komentar / ucapan seseorang, penulis tinggal menulis kata “Krik” berulang-ulang, menandakan bahwa penulis menganggap ucapan orang itu gak lucu banget.

MOGE
Awalnya kata ini merupakan singkatan dari Motor Gede dan dipopulerkan oleh kelompok penyuka motor gede tahun 2008 silam. Namun belakangan, kata itu diplesetkan banyak orang menjadi Motor Gelo yang ditujukan pada orang-orag norak yang suka bikin rusuh, mau menang sendiri, dan bikin muak banyak orang.  

NI YEE…
Merupakan ungkapan yang dipopuerkan oleh pelawak (alm) Diran di tahn 1985an, yang kemudian sering digunakan oleh para artis seperti Euis Darliah dan Jaja Miharja. Kata ini sempat populer kembali sekitar medio 1990-1999. Saat ini masih dipakai, walau tidak seintens dulu.

 BONEK
Singkatan dari kata Bondo Nekat yang berarti orang nekat yang gak bermodal apapun selain kemauan. Kata ini dipopulerkan oleh suporter Tim Sepakbola Persebaya – Surabaya di tahun 90an dan menjadi sebutan “kebanggaan” mereka. Saat ini, kata ini juga digunakan untuk orang-orang nekat yang gak kenal rasa takut.  

GUE
Adalah bahasa “resmi” yang kini banyak digunakan oleh kebanyakan orang (terutama orang dari Suku Betawi) untuk menyebut “Saya / Aku”. Kata ini merupakan bahasa Betawi yang telah digunakan secara luas, jauh sebelum bahasa prokem dikenal orang.

LO / LU
Sama seperti “Gue” kata ini pun sudah digunakan digunakan oleh Suku Betawi sejak bertahun-tahun lalu dan menjadi kata untuk menyebut “Anda / Kamu”

Lanjut page 3 biyar lebih lengkap kata-kata gaul nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *